Ruas Tol Semarang-Ungaran Rawan Ambles

Posted on April 21, 2010. Filed under: Ungaran | Tags: , , , , |

Pengerjaan jembatan setinggi 50 meter sebagai rangkaian pembangunan seksi I ruas jalan tol Semarang-Ungaran paket Gedawang-Penggaron dilakukan di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (13/4/2010). Pengerjaan ruas jalan tol itu terkendala cuaca sehingga tanah ambles dan mengganggu proses pengerasan. Jalan tol Semarang-Ungaran akan diuji coba pada Juli dan akan beroperasi pada Agustus 2010.

SEMARANG, Pembangunan jalan tol Semarang Ungaran sepanjang 14 kilometer, bagian dari proyek tol Semarang Solo, kini menghadapi kendala kondisi lahan. Hujan yang terus mengguyur menyebabkan pengerjaan pematangan lahan, tidak bisa dilakukan karena lahan calon jalan tol terus ambles.

Peneliti Hidrologi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Robert J Kodoatie, Kamis (15/4/2010) menyatakan, desain jalur jalan tol Semarang Ungaran berdasarkan hasil kajian ternyata berada di atas kawasan lahan patahan dan daerah noncekungan air tanah atau CAT.

Dikatakan Kodoatie, pada kawasan yang masuk dua kategori itu, memerlukan penanganan khusus apabila dilakukan perubahan tata guna lahan. Kedua kawasan itu rawan longsor dan rawan ambles.

Kawasan rawan yang dilalui jalur proyek jalan tol Semarang Solo itu senilai sekitar Rp 8,1 triliun. Meliputi jalur tol Seksi I Banyumanik Gedawang terdapat ruas jalan yang masuk kawasan lahan patahan. Sedangkan seksi III ruas Penggaron Beji (Ungaran) di Kabupaten Semarang, merupakan kawasan daerah noncekuangan air tanah.

Peneliti transportasi Fakultas Teknik Unika Soegijopranoto Semarang, Djoko Setijowarno berpendapat, soal adanya jalur tol Semarang Ungaran yang rawan longsor sebaiknya tidak perlu ditutup-tutupi. Pelaksana dan Gubernur Jateng sebaiknya melaporkan kondisi sebenarnya ke masyarakat, mengingat pembiayaan proyek tol Semarang Solo dibiayai dari sindikasi perbankan umum.

Kasus lahan tol ambles di beberapa titik saat proyek berlangsung itu hal wajar. Salah satu faktornya, bisa juga karena ketika dilakukan penyusunan analisa dampak lingkungan maupun penetapan perencanaan desain tidak cermat.

Jalan tol nantinya akan berfungsi sebagai jalan bebas hambatan untuk transprotasi darat yang andal, untuk itu pengerjaannya harus memenuhi syarat supaya berfungsi aman dan nyaman saat beroperasi pertengahan 2010.

Editor: hertanto

Sumber

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Ruas Tol Semarang-Ungaran Rawan Ambles”

RSS Feed for Bangun Ariyanto's Blog Comments RSS Feed

okelah kalo begitu, teruskan sampe salatiga biar enak ke semarang …


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: